Kamis, 10 Februari 2011

MATERI TIK KELAS IX SEMESTER GANJIL

Mengenal Internet
Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan yang sangat luas. Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Jaringan internet sering digambarkan sebagai sebuah awan internet (internet clouds), yaitu logikanya sebagai gambaran jaringan komputer yang terdiri dari banyak komputer di seluruh dunia yang saling terhubung satu dengan yang lain dan tidak mungkin dipetakan lagi. Sebuah komputer yang terhubung dengan internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa artinya semua pengguna internet mempunyai hak yang sama.

Selain internet kita juga mengenal istilah intranet, antara keduanya mempunyai kesamaan sebagai jaringan komputer akan tetapi jaringan intranet berbeda dengan internet. Jaringan intranet dibangun dalam lingkup tertentu dan terbatas misalnya jaringan intranet sebuah perusahaan, yang bisa masuk dalam jaringan tersebut adalah anggota yang diberi kewenangan akses oleh administrator (penguasa) jaringan tersebut. Jadi tidak semua orang bisa masuk dalam jaringan intranet, berbeda dengan internet yang siapa saja bisa mengakses tanpa kecuali.
Dua peranan pokok internet :
1. sebagai sumber data dan informasi
2. sebagai sarana pertukaran data dan informasi


Macam - macam Jaringan

* LAN ( Local Area Network ) adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umunya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.

* MAN ( Metropolitan Area Network) adalah jaringan yang areanya relative lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Jaringan ini menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, misalnya jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.

* WAN ( Wide Area Network ) adalah jaringan yang lingkupnya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BRI yang ada di Indonesia.


Tapi bukan itu saja ada juga jaringan komputer berdasarkan media yang menghubungkan perangkat dan juga berdasarkan bentuk hubungan perangkatnya.


yang saat ini adalah:
10/100/1000-Base-T Ethernet, bentuknya Star network, karena semua komputer/perangkat terhubung ke satu titik network (Hub/Switch).
10-Base-2 Ethernet, bentuknya Bus/Garis, dimana komputer pertama disambung ke komputer kedua dan dilanjutkan ke komputer ketiga dan dilanjutkan ke komputer keempat, dst, sehingga seperti rangkaian kereta.
Token Ring, bentuknya Ring/Melingkar, dan jalannya data akan bergerak ke satu arah.
Radio Mesh, dimana tiap komputer terhubung ke semua komputer yang ada disekitarnya, dan juga sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar