Minggu, 13 Februari 2011

Berbagai Macam Jaringan Komputer Berdasar Luas Area Geografi :

1. Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringan komputer yang terdapat dalam sebuah bangunan/ gedung atau perkantoran, berfungsi untuk menghubungkan komputer-komputer yang berada pada satu bangunan/ gedung atau perkantoran. Kegunaan LAN antara lain menggunakan sebuah perangkat untuk dipakai bersama (sharing) misalnya satu printer untuk banyak komputer, memungkinkan komputer-komputer dalam satu jaringan saling bertukar data dan informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar, yaitu digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer di beberapa bangunan/ gedung atau perkantoran yang letaknya berdekatan. Misalnya gedung-gedung instansi pemerintah yang letaknya berdekatan dapat dihubungkan menggunakan jaringan MAN.
3. Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area sangat luas, bisa satu negara atau bahkan satu benua.
4. Internet
Internet adalah jaringan komputer yang sangat besar yang dapat mencakup seluruh dunia. Sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet.
5. Jaringan tanpa kabel
Jaringan tanpa kabel atau sering disebut nirkabel (wireless network) adalah jaringan yang tidak membutuhkan kabel-kabel untuk menghubungkan komputer yang tergabung dalam satu jaringan. Dengan jaringan nirkabel ini kita bisa mengakses informasi dari mana saja tanpa harus berada di tempat yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar