Minggu, 13 Februari 2011

Berbagai Cara Menghubungkan Komputer ke Internet

1. Melalui Jaringan
Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah melalui jaringan, yaitu menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang sudah tersambung ke internet. Kekurangannya adalah komputer kita harus berada di dekat jaringan komputer yang sudah tersambung ke internet kira-kira tidak lebih dari 100 meter, kalau letaknya berjauhan (lebih dari 100 meter) harus memakai peralatan tambahan seperti repeater atau antena. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus-kampus dan warnet-warnet. Sebuah komputer yang berfungsi sebagai server dihubungkan ke ISP melalui kabel telepon atau antena, kemudian komputer-komputer yang lain (komputer client) di jaringan tersebut bisa mengakses internet melewati server tersebut.
Ada 3 jenis jaringan komputer berdasarkan Topologinya, yaitu Jaringan tipe Bus, Ring dan Star. Tipe Bus dan Ring saat ini sudah kurang diminati lagi karena bahan sulit dicari di pasaran, kurang praktis dan rentan terhadap gangguan jaringan. Saat ini jaringan komputer banyak yang menggunakan tipe star karena setting dan perawatan yang mudah serta tidak banyak gangguan.
2. Melalui Saluran Telepon Langsung (Dial Up)
Cara paling praktis menghubungkan komputer ke internet untuk pengguna personal/pribadi (non warnet) adalah dengan menggunakan saluran telepon langsung atau disebut dengan koneksi dial up. Untuk melakukan sambungan internet dengan dial up maka yang harus tersedia adalah komputer, modem dial up, saluran telepon (kabel telepon) dan ISP Dial Up. Kecepatan akses internet menggunakan dial up adalah 56 kbps. Cara menghubungkannya adalah komputer dihubungkan ke modem dial up, kemudian modem disambung ke saluran telepon. Setelah itu modem di setting melalui komputer agar menghubungi ISP dial up tertentu.

3. Melalui Jaringan GPRS
GPRS singkatan dari General Packet Radio Service, yaitu teknologi yang mampu mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi sedang bergerak/ berpindah tempat. Komunikasi data dan suara dilakukan dengan menggunakan gelombang radio (tanpa kabel) dengan sistem packet.
Teknologi GPRS memberi keuntungan, yaitu memungkinkan kita bisa mengakses internet di mana saja, yang penting ada komputer, handphone dengan fasilitas GPRS dan SIM card yang menyediakan layanan GPRS. Kelemahannya adalah setting yang berbeda-beda tiap merk handphone untuk koneksi internet lewat GPRS dan setting yang berbeda pula pada setiap operator jaringan selular untuk koneksi internet lewat GPRS.
Kecepatan akses internet melalui GPRS bisa mencapai 115 kbps
4. Melalui Wi-Fi
Wi-Fi singkatan dari Wireless Fidelity, yaitu teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi 2,4 GHz. Kita dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi menggunakan komputer, laptop, notebook atau PDA yang dilengkapi Wi-Fi Card (perangkat tambahan untuk koneksi frekuensi 2,4 GHz). Jika laptop sudah menggunakan processor mobile centrino maka tidak memerlukan Wi-Fi Card lagi. Access Point (titik akses) adalah perangkat yang memancarkan sinyal 2,4 GHz dan menghubungkan perangkat pengguna jaringan (client) secara wireless (tanpa kabel). Access point mempunyai pancaran sinyal 2,4 GHz dengan radius kurang lebih 100 meter. Area/ wilayah yang masih tercakup sinyal Wi-Fi dari access point dengan baik disebut daerah hotspot. Kecepatan akses internet melalui Wi-Fi bisa mencapai 11 Mbps.
5. Melalui Jaringan TV Kabel
Koneksi internet melalui jaringan TV kabel memanfaatkan jalur yang disediakan oleh provider TV kabel sehingga selain bisa menikmati siaran dari TV kabel juga bisa berinternet melalui jalur yang sama dan juga tidak mengganggu jalur telepon. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam koneksi internet melalui jaringan TV kabel :
a. Berlangganan ke provider TV kabel yang menyediakan layanan internet.
b. Komputer yang dilengkapi software untuk aplikasi internet.
c. Cable Modem dengan DOCSIS system, yaitu modem yang dirancang khusus untuk jaringan TV kabel.
d. Kartu jaringan (ethernet card).
6. Melalui Wireless Broadband
Koneksi internet melalui Wireless Broadband merupakan pengembangan dari koneksi Wi-Fi. Kelebihan Wireless Broadband dibanding Wi-Fi adalah daya jangkau pancaran lebih jauh bisa mencapai 1 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar